Pembuatan Website

Kenapa harus memiliki Website?

Dewasa ini, semakin banyak konsumen yang menggunakan internet untuk mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan. Bukan hanya anak muda, kini orang tua juga sudah mulai beradaptasi dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan internet. Oleh karena itu, sudah menjadi tanggung jawab Anda sebagai pebisnis untuk berusaha menjangkau konsumen sesuai dengan segmen pasar Anda. Dengan website, Anda bukan hanya menjangkau banyak konsumen baru, namun juga meningkatkan kredibilitas usaha, terutama bagi usaha kecil. Selain memiliki website, hal yang paling utama adalah mendesain websitesemenarik mungkin. Apabila memungkinkan, gunakan jasa profesional untuk mendesain website yang nyaman dilihat dan user friendly. Dengan demikian, tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda otomatis akan meningkat. Kelebihan lainnya, website juga bermanfaat bagi situs online yang belum memiliki toko offline.

Pada zaman dahulu, jauh sebelum internet ditemukan, produk dipasarkan lewat saluran media massa seperti surat kabar atau televisi. Upaya ini dilakukan demi memperkenalkan produk dan jasa kepada sebanyak mungkin konsumen potensial. Namun kelemahannya adalah BIAYANYA MAHAL. Beruntung bagi Anda yang menjadi pebisnis di zaman modern ini. Anda bisa memulai bisnis secara kecil-kecilan dengan modal iklan yang rendah. Caranya adalah dengan membuat iklan di website sendiri. Apabila dibandingkan dengan biaya iklan di surat kabar atau televisi, tentunya ini adalah cara yang sangat efektif dan MURAH untuk mempromosikan bisnis Anda. Memang betul dibutuhkan biaya untuk membangun website, namun Anda bisa mendapatkan manfaat yang sangat luas hanya dengan membangun websiteyang biaya terendahnya sekitar Rp500.000 per bulan. Tenang, biaya tersebut akan jauh lebih hemat lagi jika dikonversikan per tahun.

Bayangkan jika Anda menyewa agen pemasaran untuk memasarkan produk dan jasa. Apakah mungkin konsumen bisa menjangkaunya kapan saja? Tentu tidak, karyawan adalah manusia yang perlu tidur dan perlu makan, sehingga umumnya mereka hanya bisa dijangkau beberapa jam saja sehari. Lalu bagaimana dengan brosur atau katalog? Tentunya orang yang bertugas membagikannya juga pasti mencari jam-jam tertentu. Tidak mungkin Anda membagikannya di jam-jam sepi seperti subuh. Nah, kini bayangkan apabila Anda memiliki websiteWebsite Anda tidak pernah tidur, tidak perlu istirahat makan siang, dan dapat diakses konsumen 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Konsumen dapat mencari berbagai informasi yang dibutuhkannya tentang produk dan layanan di situs Anda, di mana saja dan kapan saja. Percayalah, ini adalah cara yang efektif untuk menginfokan kepada pelanggan Anda tentang kedatangan produk baru, acara mendatang, promosi khusus, atau layanan baru yang sedang Anda tawarkan. Terlebih, kini juga ada teknologi di mana konsumen bisa memesan langsung viawebsite, yang tentunya akan sangat membantu Anda untuk menerima pesanan di luar jam kerja.

Pernahkah Anda malas pergi ke toko hanya untuk hal yang sepele? Misalnya saat Anda membeli sebuah alat elektronik dan kebingungan bagaimana cara mengisi ulang dayanya, apakah Anda bersedia pergi ke customer service dan mengantre selama 1 jam? Belum lagi jika Anda mengalami masalah tersebut di tengah malam, di mana toko atau customer service tentunya sudah tutup. Bagaimana solusinya? Di situlah website siap membantu Anda. Website bisa diakses kapan saja di mana saja, bisa melalui komputer atau smartphone. Dalam website, biasanya ada informasi umum tentang produk atau jasa yang Anda bingungkan. Umumnya website juga mencantumkan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh konsumen atau biasa disebut FAQ (frequently asked questions). Anda bisa mengaksesnya kapan saja selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun. Dengan begitu, konsumen bisa dengan nyaman membuka website Anda ketika toko offline-nya tutup.

Apabila Anda hanya mengandalkan toko offline, baik dalam menjual produk maupun jasa, bisa dibilang Anda terkendala jarak. Konsumen yang bisa menjangkau produk atau jasa yang ditawarkan hanyalah mereka yang berjarak dekat dengan toko Anda. Sebagai contoh, konsumen tidak akan repot-repot hingga mau naik pesawat hanya untuk membeli sepasang sepatu. Website menawarkan solusi untuk jarak tersebut, di mana konsumen bisa membeli secara online, dan mereka hanya perlu menanggung ongkos kirimnya saja. Artinya, kini produk dan jasa Anda bisa diakses oleh pasar yang lebih luas, karena produk Anda bisa diakses dan dilihat secara global. Inilah kekuatan e-commerce. Eits, tapi tunggu dulu, jangan buru-buru berpikir kalau Anda tidak dapat menjual produk atau layanan secara online. Bahkan mobil dan rumah pun bisa dijual secara onlinelho!

Sebelum ada website, Anda perlu menunjukkan katalog produk cetak kepada konsumen. Contohnya dengan mendatangi calon konsumen langsung atau melalui jasa pos. Tidak peduli apa pun jenis usaha yang Anda jalani, website merupakan platformyang bagus untuk memajang katalog atau portofolio Anda. Hanya dengan memasukkannya ke website, katalog atau portfolio tersebut langsung bisa diakses oleh siapapun di seluruh dunia. Praktis sekali bukan? Anda tidak perlu repot-repot lagi mencetak dan mengirimkan ke setiap konsumen. Terlebih lagi, Anda bisa menghemat sangat banyak biaya, misalnya biaya cetak katalog, biaya kirim, dan biaya perangko.

Tahukah Anda, selain menghemat biaya, situs juga mampu menghemat waktu Anda dalam memberikan informasi kepada konsumen. Seluruh pemasaran yang harus dilakukan 1 on 1 seperti tatap muka dan telepon tentunya sangat menghabiskan waktu dan tenaga. Dengan adanya website, Anda hanya perlu memberikan informasi penting satu kali saja dan informasi itu dapat diakses oleh jutaan orang sekaligus. Sistem ini memungkinkan Anda menyampaikan informasi dengan upaya minimal. Bayangkan, waktu Anda mengunjungi konsumen selama 40 jam seminggu bisa dipersingkat menjadi 2 hingga 3 jam saja. Jelas bahwa website memegang konsep “waktu adalah uang”!

Bayangkan apabila Anda menjual sebuah produk yang tergolong baru di masyarakat, tentunya Anda harus menyertakan petunjuk pemakaian atau jasa konsultasi bagi para konsumen. Jika tidak, Anda akan menghabiskan banyak tenaga dan waktu untuk menjawab setiap pertanyaan dari konsumen. Nah, dengan menambahkan halaman tanya jawab, menulis artikel dan blog, atau memberikan info newsletter untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan Anda, hal tersebut dapat membuat para pelanggan selalu up-to-date. Anda juga tidak perlu menjawab pertanyaan yang sama berulang kali. Hemat tenaga sekali ya!

Jika Anda pebisnis yang ingin maju, tentunya feedback atau masukan dari konsumen adalah yang utama. Percuma membuat produk sebagus apapun jika tidak ada minat konsumen. Dengan demikian, banyak pebisnis berlomba-lomba mengumpulkan feedbackdari konsumen untuk memperbaiki produk/jasanya. Dengan website, Anda bisa meminta feedback dari konsumen di mana saja dengan mudah. Misalnya dengan meminta pendapat mereka setiap memasukiwebsite Anda. Anda juga bisa melakukan polling dengan membuat form isian dalam situs. Luar biasa bukan?

Banyak perusahaan yang terkadang membutuhkan partner untuk bekerja sama. Biasanya, informasi kemitraan atau kerja sama ini bisa dicari melalui internet. Dengan mempublikasikan perusahaan Anda lewat website yang dioptimalkan, akan semakin banyak orang yang tahu mengenai keberadaan dan eksistensi perusahaan Anda. Dari sana, mungkin saja perusahaan Anda bisa menemukan partner bisnis yang cocok dan menguntungkan. Dengan demikian, calon mitra dapat datang dengan sendirinya tanpa repot-repot mencari.